Spesifikasi Teknis Pekerjaan Sumber Daya Air

Ringkasan Pekerjaan

Uraian berbagai pekerjaan yang termasuk dalam spesifikasi ini adalah sebagaimana yang tercantum di dalam BQ ( Bill Of Quantity ).

Mobilisasi


Mobilisasi meliputi pekerjaan persiapan yang diperlukan untuk persiapan pengelolaan pekerjaan / penyelesaian pekerjaan. Penyedia jasa harus mengerahkan pekerja yang cukup dan terlatih.



Penyedia jasa harus menggunakan kendaraan yang kapasitas angkut sesuai kelas jalan, untuk menghindari kerusakan jalan dan bertanggung jawab atas kerusakan pada jalan / jembatan yang digunakan angkutan proyek tersebut serta mendapat persetujuan direksi.



Mobilisasi alat berat dari dan menuju lokasi pekerjaan harus menghindari kerusakan jalan.
Penyedia jasa harus menyiapkan lapangan / lahan untuk kegiatan pelaksanaan proyek harus memenuhi sbb :


  • Memahami persyaratan peraturan pemerintah / direksi.
  • Mengadakan konsultasi dengan direksi untuk pembuatan  lokasi  kantor Direksi.
  • Mencegah suatu polusi terhadap lingkungan, sebagai akibat dari operasi pelaksanaan.
  • Mobilisasi mencakup setelah selesai pekerjaan, yang meliputi pembongkaran semua instalasi plant, serta bahan yang ada.

Pengujian Lapangan

Penyedia jasa harus menyelenggarakan pengujian bahan untuk pengendalian mutu sesuai dengan spesifikasi dan menurut perintah Direksi.

Hasil semua pengujian termasuk pemeriksaan kualitas bahan di lapangan dan di desain campuran harus direkam dengan baik dan dilaporkan pada direksi, hal tersebut untuk menjamin kualitas konstruksi. Semua biaya pengujian ditanggung oleh penyedia jasa.
Pekerjaan Persiapan

Uraian menjamin kwalitas pekerjaan, ukuran - ukuran dan penampilan yang benar, penyedia jasa harus menyediakan staf teknik ahli yang cocok sebagaimana yang ditentukan dan memuaskan direksi.

Penyedia jasa harus mempelajari gambar kontrak dan pengukuran serta mencocokan bersama-sama di lapangan dengan direksi.

Patok peil ( BM ) dari bowplank ditentukan di lapangan bersama - sama direksi dan patok duga tersebut tidak boleh berubah selama pekerjaan berlangsung dan jika terjadi revisi perubahan / koreksi atau penggantian ukuran dicatat dan disetujui oleh direksi.

Gambar rencana proyek merupakan bagian tak terpisah dari dokumen kontrak dan gambar-gambar tersebut adalah gambar yang paling akhir setelah diadakan perubahan-perubahan dan merupakan patokan pelaksanaan pekerjaan.

Tidak dibenarkan penyedia jasa menarik keuntungan dari kesalahan-kesalahan, kekurangan-kekurangan pada gambar atau perbedaan tertentu antara gambar rencana dan isi spesifikasi teknis ini.

Apabila ternyata terdapat kekurangan dalam hal yang meragukan, penyedia jasa diharuskan mengajukan secara tertulis, dan direksi akan mengoreksi dan menjelaskan gambar tersebut untuk kelengkapan apa yang telah disebutkan dalam spesifikasi teknis. Penyimpangan keadaan lapangan terhadap gambar rencana akan ditentukan oleh direksi dan akan disampaikan pada penyedia jasa secara tertulis.

Penyedia jasa menyiapkan gambar kerja dan disimpan yang baik, dapat dibaca dan sudah mengalami revisi akhir yang menunjukan perbedaan antara gambar rencana dan gambar kerja.

Ukuran yang tertera dalam gambar adalah ukuran sebenarnya, jika tidak ada kesamaan ukuran dan gambar maka segera minta pertimbangan para ahli atau direksi untuk menetapkan yang benar.

Jika diperlukan untuk melindungi bahan bangunan dari cuaca dan kerusakan dapat membuat gudang material.

Patok bouwplank / profil harus dibuat dengan kayu yang kokoh tidak goyah dan tidak berubah selama pekerjaan berlangsung.

Pengendalian Lingkungan

Penyedia jasa harus menjamin penuh terhadap pengendalian pengaruh lingkungan yang  berhubungan dengan polusi lingkungan dan perlindungan lahan serta lintasan air disekitarnya.

Penyedia jasa tidak boleh menggunakan kendaraan yang memancarkan suara keras, berisik ( gaduh ) khususnya untuk daerah rawan, seperti dekat rumah sakit.

Untuk mencegah debu selama musim kering penyedia jasa harus melakukan penyiraman secara teratur. dan untuk kendaraan angkut yang mengeluarkan debu harus menutupi dengan terpal.

Pengedropan material untuk pelaksanaan proyek, penyedia jasa harus mengatur sedemikian rupa sehingga, tidak mengganggu kelancaran lalu-lintas dan pada pelaksanaan kerja dipasang tanda papan rambu-rambu kerja yang dapat dipindah-pindahkan.

Standart Rujukan

Peraturan-peraturan dan standart yang dijadikan acuan dalam dokumen kontrak akan membentuk persyaratan kwalitas untuk berbagai jenis pekerjaan yang harus dilaksanakan beserta cara-cara yang dipergunakan untuk pengujian yang memenuhi persyaratan ini.

Jaminan kualitas selama pengadaan bahan material, Penyedia jasa harus bertanggungjawab untuk semua pengujian bahan yang diperlukan dalam pekerjaan bahwa bahan tersebut memenuhi persyaratan khusus.

Direksi teknik mempunyai wewenang untuk menolak semua bahan-bahan pekerjaan yang tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan tanpa konpensasi penyedia jasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel