Cara Pengukuran Menggunakan Alat Teodolit



Sebelum pelaksanaan pekerjaan, Penyedia Jasa akan melakukan pengukuran kondisi tapak terhadap  posisi  rencana bangunan baru.  Hasil  pengukuran  akan  diserahkan  kepada  Direksi Pelaksana dan Perencana.
Ketidak-cocokan yang terjadi antara Gambar Kerja dan keadaan lapangan yang sebenarnya akan segera dilaporkan ke Direksi / Konsultan Pengawas untuk diminta keputusannya. Penentuan titik ketinggian dan sudut-sudutnya dilakukan dengan alat-alat waterpass / theodolit. Pengukuran sudut siku-siku dengan prisma atau benang secara azas segitiga Phytagoras hanya diperkenankan untuk bagian-bagian kecil yang telah disetujui oleh Direksi / Konsultan Pengawas.

Pengukuran Awal 
  1. Surveyor dan tim akan melakukan perintisan terhadap titik-titik di mana akan dijadikan jalur pengukuran
  2. Setting peralatan ukur dengan mengacu pada koordinat dan elevasi yang terdapat di BM (Branch Mark)
  3. Hasil pengukuran tahap awal berupa peta kontour lahan keseluruhan, yang akan menghasilkan gambar kerja berupa potongan memanjang lahan, dan potongan melintang lahan.
  4. Dari gambar kerja tersebut akan ditentukan elevasi muka tanah akhir sebagai acuan untuk elevasi cut and fill, juga akan dihitung volume cut and fill. 
  5. Pengukuran Pelaksanaan/Proses
  6. Pengukuran Pelaksanaan ini dikerjakan setelah dilakukan pekerjaan land clearing, dan cut and fill dimana kondisi lahan sudah rata.
  7. Hasil pengukuran pelaksanaan berupa setting out /pengaplingan lahan sesuai dengan volume luasan yang telah ditentukan dalam gambar perencanaan dan RAB.
  8. Hasil pengukuran pelaksanaan lainnya berupa elevasi permukaan-permukaan tanah untuk keperluan pekerjaan jalan, saluran, pagar, serta pekerjaan lain yang ditentukan dalam gambar rencana.
Pengukuran Akhir / As Build Drawing 
  1. Pengukuran akhir dikerjakan setelah pekerjaan untuk setiap item pekerjaan selesai dilaksanakan (pekerjaan cut and fil,dan lain-lain)
  2. Pengukuran ini dimaksudkan untuk mengetahui volume pekerjaan yang telah dikerjakan yang lebih lanjut akan dituangkan dalam As Build Drawing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel