Metode Pelaksanaan Pendahuluan Pekerjaan Saluran



Pekerjaan persiapan umum ini meliputi pekerjaan-pekerjaan minor yang mengawali persiapan untuk pelaksanaan pekerjaan utama antara lain:

Sewa/Pembuatan Kantor Lapangan

Untuk kelancaran pelaksanaan pekerjaan maka barak kerja dan kantor lapangan akan didirikan pada awal pekerjaan dimulai sampai dengan pekerjaan selesai. Kantor Lapangan dimaksudkan untuk tempat metting pekerjaan dalam mengawasi dan mengotrol pekerjaan lapangan, sedangkan Kelengkapan barang,material dan semua peralatan disimpan dalam gudang sementara yang dapat disewa dan atau dibuat dilapangan guna kelancaran pekerjaan. Besar ukuran barak kerja dan gudang disesuaikan dengan ruang dan lingkup pekerjaan yang dilaksanakan. Dalam hal ini minimal harus mampu menampung barang/material-material pokok/utama seperti besi, semen dan peralatan pekerjaan pendukung lainnya yang dapat terlindungi dari kondisi cuaca, hujan dan angin.

Mobilisasi

Memobilisasi peralatan dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan peralatan dilapangan tergantung pada jenis dan volume pekerjaan yang harus dilaksanakan.
Untuk menjamin bahwa semua jalan dan akses jalan yang ada tetap dibuka untuk kepentingan umum / masyarakat, maka jalan/akses jalan harus dijaga serta diberi rambu/papan keterangan/petunjuk agar dalam kondisi aman dan dapat digunakan untuk lintasan lalu lintas / kepentingan masyarakat selama dalam pelaksanaan pekerjaan.
Mobilisasi Personil inti dilakukan untuk pelaksanaan pekerjaan, sesuai dengan daftar personil yang diusulkan, dan setelah perijinan untuk mulai pekerjaan disetujui, maka tenaga kerja yang diperlukan untuk kegiatan tersebut di datangkan.
Alat – alat yang diperlukan untuk menunjang kegiatan pelaksanaan pekerjaan, didatangkan bertahap sesuai kebutuhan dilapangan. Mobilisasi peralatan meliputi:
a)    Dump Truck
b)    Concrete Mixer
c)    Pompa Air
d)    dan peralatan pendukung lainnya.
Untuk kebutuhan / volume material didatangkan sesuai jadwal kegiatan pelaksanaan secara bertahap, hal ini karena lokasi yang bersifat terbuka dan lokasi yang terbatas aksesnya (Jalan).

Pembersihan dan Striping

Pembersihan dan stripping / Kosrekan$ebelum pekerjaan dimulai lapangan kerja harus dibersihkan dari berbagai tanaman, untuk memudahkan pengukuran dan pemasangan bowplank dengan demikian pekerjaan dapat kitalaksanakan sesuai dengan sebaik-baiknya.

Uitzet trase saluran

Pengukuran/Uitzet Bouplank dimaksudkan memberikan patokan/ukuran-ukuran yang jelas dilapangan sebagai rambu-rambu pekerjaan yang akan dilaksanakan, dengan demikian pekerjaan berjalan dengan pasti sesuai dengan gambar rencana. Pekerjaan ini dilakukan oleh tenaga terlatih yang telah terampil dalam membaca gambar-gambar rencana dari pekerjaan yang dijalankannya serta menguasai alat ukur yang mampu mengcover pelaksanaan pekerjaan secara penuh. Peralatan yang perlu disediakan adalah Water Pass dan atau Theodolit.
Setelah dipastikan kesiapan lapangan untuk melaksanakan pekerjaan, maka pekerjaan selanjutnya adalah melakukan mobilisasi peralatan yang akan digunakan.Pasang Profil
Setah pengukuran selasai kemudian pemasangan profil atau bowplank yang berfungsi sepagai acuan dalam pemasangan pasangan batu dalam proses pembuatan saluran.
Taksir. 

Papan Nama Proyek

Papan nama meliputi nama penyedia jasa, pekerjaan yang dilaksanakan serta waktu pelaksanaan pekerjaan dan hal-hal lain yang dianggap perlu yang direkomendasikan oleh pengguna jasa. Papan nama dibuat sesuai dengan ketentuan sehingga dapat dibaca dengan jelas dan dapat memberikan fungsi sebagaimana maksud tujuannya. Pemasangan papan nama di letakkan pada lokasi  pekerjaan yang  strategis  sebagai  maksud sosialisasi  ke  masyarakat umum sekaligus memberikan kejelasan adanya pekerjaan tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel