Definisi Belajar Menurut Para Ahli


Dalam meningkatkan mutu pendidikan seakan tidak akan surut. Banyak agenda reformasi yang telah dilaksanakan. Beragam program inovatif ikut serta memeriahakan reformasi pendidikan.Belajar atau pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib kitalakukan dan kita berikan kepada anak-anak kita. Karena ia merupakan kunci sukses untuk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi.

Dan pada akhirnya diharapkan akan berguna bagi bangsa, negara,dan agama. Melihat peran pendidikan yang begitu vital, maka menerapkan metode yangefektif dan efisien adalah sebuah keharusan. Dengan harapan proses belajar mengajar akan berjalan menyenangkan dan tidak membosankan. Beragam metode pembelajaran efektif dapat menjadi pilihan untuk bisa kita persiapkan dalam sebuah kegiatan pembelajaran.Setiap metode pembelajaran akan Untuk memperjelas pertimbangan-pertimbangan metode yang melibatkan beragam metode.

Definisi Belajar

Kalau kita ditanya apa itu belajar?, maka jawabannya yang kita dapatkan akan bermacam-macam tentang apa itu belajar. Hal yang demikian itu terutama berakar pada kenyataan bahwa apa yang disebut kegiatan belajar itu adalah bermacam-macam. Banyak aktifitas yang dilakukan dapat dikatan sebagai belajar, misalnya menghafal nyanyian, menonton film, itu bisa dikatan belajar. Berikut definisi tentang belajar.

Menurut Cronbach belajar sebaik-baiknya adalah dengan mengalami dan dalam mengalami itu menggunakan panca indranya.

Menurut Nasution belajar adalah menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan. Sedangkan menurut Ernest  H. Hilgard belajar adalah dapat melakukan sesuatu yang dilakukan sebelum ia belajar atau bila kelakuannya berubah sehingga lain caranya menghadapi sesuatu situasi daripada sebelum itu.

Menurut Notoatmodjo belajar adalah usaha untuk menguasai segala sesuatu yang berguna untuk hidup.

Menurut Moh. Surya belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.

Menurut Anni proses paling penting bagi perubahan perilaku manusia dan ia mencakup segala sesuatu yang dipikirkan dan dikerjakan.

Menurut M. Sobry Sutikno belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Sedangkan menurut Slameto  belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Dari beberapa definisi belajar menurut para ahli maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel