Mobilisasi Peralatan, Material, Tenaga Kerja


Sebelum melakukan pekerjaan proyek hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengiriman material, peralatan yang dibutuhkan serta tenaga kerja yang akan ditempatkan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Penyedia  jasa  akan menyediakan  tenaga  kerja,  peralatan  kerja  termasuk  alat bantu kerja yang akan digunakan dalam perencanaan maupun pelakasanaan fisik di lokasi proyek sesuai dengan lingkup pekerjaan serta memperhitungkan biaya yang ditimbulkan. Pada saat mempergunakan jalan umum,dalam mengadakan dan / atau mengembalikan peralatan berat, baik material/bahan, maka penyedia jasa akan menjaga ketertiban selama perjalanan sehingga lalu lintas tidak terganggu demi kelancaran pengadaan yang dimaksud.

Penyediaan jasa akan menyediakan fasilitas penempatan untuk tempat tinggal para pekerja dan gudang penyimpanan peralatan kerjaserta bahan / material, juga menempatkan petugas demi keamanananya.

Penyedia jasa akan menyediakan alat-alat bantu sehingga dapat bekerja dalam kondisi apapun, seperti terpal plastic untuk bekerja pada saat hari hujan, perancah (scaffolding) untuk bekerja pada dinding yang tinggi serta peralatan bantu lainnya. Biaya untuk pengadaan peralatan-peralatan tersebut akan sudah diperhitungkan padahargasatuanyangterkait.

Dilokasi proyek penyediajasa akan menetapkan lokasi penempatan material, direksikeet, kantor penyedia jasa, gudang bahan dan alat, dan KM/WC sementara sesuai dengan denah maupun kondisi lapangan, sehingga tidak terjadi inefisiensi dalam pelaksanaan pekerjaan. Selama  berlangsungnya pekerjaan, direksikeet, kantor penyedia jasa, gudang, dan KM/WC sementara serta lokasi pekerjaan akan senantiasa bersih dan bebas dari sampah-sampah sisa pekerjaan.

Penyediaan tempat penyimpanan bahan/material di lapangan akan aman dari segala kerusakan, kehilangan dan hal-hal yang dapat mengganggu pekerjaan lain yang sedang berjalan.
Penyedia jasa akan membuat papan proyek (papan nama proyek) yang diletakkan dilokasi proyek yang dapat dilihat oleh masyarakat umum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel